Monday, December 29, 2008

PENGEPAKAN TAS LAGI

Tidak terasa lagi, semua umat manusia akan menutup gerbang kehidupan tahun 2008. Gerbang tahun 2009 telah menanti kita semua. Setiap umat manusia mempunyai pengalaman dan kesan tersendiri pada tahun yang kemarin. Ada senang, ada suka dan duka, ada penderitaan, ada ketawa, ada tangisan, ada penyesalan, ada kesuksesan, dan sebagainya. Setiap orang pasti punya pengalaman tersendiri, dan setiap kita mempunyai ekspresi tersendiri yang mengungkapkan pengalaman tersebut.

Pengalaman hidup pribadiku juga tidak terlepas dari situasi-situasi di atas. Tidak dapat seorang manusia pun yangdapat mengelakkan bahwa sepanjang tahun 2008, dia hanya merasakan kesenangan dan tidak pernah merasakan kesedihan. Jika disuruh membandingkan banyakan mana antara kesenangan dan kesedihan, saya lebih banyak merasakan kesedihan. Saya tidak akan mempersalahkan satu orang pun tentang itu, keseluruhan yang saya rasakan merupakan suatu imbalan perbuatan sendiri. Banyak kebodohan yang telah saya lakukan selama 2008, begitu jahatnya diriku terhadap orang lain dan diri sendiri. Saya merugikan diri sendiri dan orang lain. Di lain pihak juga masih ada secuil kesenangan yang dapat saya rasakan, walaupun secuil tapi abadi je……

Menanggapi semua penglaman tahun lalu itu, saya harus melihat pengalaman apa yang akan terjadi di tahun yang baru ini. Saya menyadari bahwa segala rencana yang ada pada awal tahun, belum tentu dilaksanakan secara sempurna pada tahun depan. Karena dalam perjalanan hidup ke depan, sebagian atau semua rencana akan berubah. Rencana itu akan semakin tidak penting jika saya sudah berada di lapangan. Melalui penglaman maka saya kan belajar mana yang penting dan mana yang nyaman. Inilah kenyataan yang ada terus-menerus dalam hidupku. Saya banyak belajar tentang hal itu.

Tahun baru akan segera tiba. Saya juga harus mengapak tas, untuk dibawa di tahun yang baru. Apa isi tas itu menjadi prioritas saya. Keputusan untuk mengisi tas itu ada pada diri saya sendiri, tidak bergantung dari orang lain.

Bagi saya hal-hal positif yang sudah ada di tahun lalu tetap saya bawa. Hal positif ini tentu saja yang menguntungkan saya di masa depan. Selain itu bahwa saya juga harus menata hidupku sendiri, kedewasaan menjadi prioritas utama. Keadaan ini juga harus didukung dengan kedewasaan berpikir, artinya bahwa berpikir lebih jauh ke depan.

HAPPY NEW YEAR 2009

0 comments: